RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Balikpapan menjadi lokasi kunjungan Delegasi Misi Bisnis dari Spanyol untuk menjajaki peluang investasi dan kerja sama pada sektor logistik dan perdagangan, Rabu (16/10/2024).

Rombongan yang dipimpin Duta Besar RI untuk Spanyol, Muhammad Najib ini, menjadi momentum untuk memperkuat hubungan ekonomi Indonesia-Spanyol.

“Kami sangat terkesan dengan potensi Pelabuhan Semayang dan melihat banyak peluang untuk kolaborasi, terutama dalam meningkatkan efisiensi logistik dan perdagangan,” kata Najib.

“Kami berharap dapat menjalin kemitraan yang berkelanjutan dan saling menguntungkan,” imbuhnya.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis mengatakan, pertemuan ini juga mampu mendorong peningkatan investasi asing dalam sektor-sektor strategis seperti energi, infrastruktur, dan perdagangan.

“Diharapkan, kunjungan ini dapat menghasilkan kerja sama yang mendukung pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dapat membuka jalan bagi kerja sama yang lebih luas di masa depan,” ujarnya.

Selain Pelabuhan Semayang, para tamu tersebut juga mengunjungi PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT), perusahaan yang dibentuk Pelindo untuk mengelola dan memberikan jasa kepelabuhanan di Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Para delegasi melihat langsung ruangan Planning & Control Port of Kariangau, yang merupakan salah satu bentuk transformasi PT KKT dalam mendukung pelayanan berbasis PnC serta untuk lebih meningkatkan koordinasi dalam operasional di pelabuhan.

Direktur Utama PT KKT, Enriany Muis mengatakan, ruang pengendali operasi yang baru diresmikan pada sekitar pertengahan Agustus 2024 ini merupakan fasilitas yang dapat mengatur seluruh aktivitas di Terminal Petikemas Kariangau.

“Ini adalah tahap yang dilakukan dalam mendukung pelayanan berbasis PnC dan memungkinkan koordinasi yang lebih baik lagi ke depannya,” kata Enriany.