RAKYAT.NEWS, DONGGALA LAZ Hadji Kalla terus memperluas cakupan manfaatnya di Kabupaten Donggala, dengan menambah dua desa baru sebagai wilayah program pada tahun 2024.

Desa Rano dan Desa Manimbaya di Kecamatan Balaesang Tanjung menjadi penerima manfaat program pemberdayaan desa terbaru.

Sejak tahun 2023, LAZ Hadji Kalla melalui Bidang Ekonomi & Sosial, telah menjalankan program pemberdayaan & pendampingan desa yang dikenal dengan nama Desa Bangkit Sejahtera (DBS) di dua desa terpencil di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Yaitu Desa Powelua di Kecamatan Banawa Tengah dan Desa Tosale di Kecamatan Banawa Selatan.

Program Manager Bidang Community Development LAZ Hadji Kalla, Erny Rachmi Nurdin, menyatakan bahwa keempat desa dipilih karena kondisi ekonomi, sosial, dan lingkungan masyarakat yang masih minim, meskipun memiliki sumber daya alam dan potensi sumber daya manusia yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Di Desa Rano dan Manimbaya, kita membantu pengembangan komoditi nilam, sebagai salah satu komoditi yang potensial di dua desa tersebut dan memiliki nilai ekonomi relatif tinggi, fasilitator LAZ Hadji Kalla dari dua desa tersebut telah membagikan total 18.000 benih nilam varietas unggul kepada sejumlah petani binaan serta pelatihan teknis budidaya nilam yang disampaikan oleh tenaga ahli yang kompeten  dari instansi terkait untuk membantu meningkatkan kapabilitas petani penerima manfaat,” kata Erny.

Sebelumnya, warga desa tersebut lebih fokus pada budidaya cengkeh sebagai mata pencaharian utama. Melalui pengembangan komoditi nilam oleh LAZ Hadji Kalla, warga dapat memperluas pengetahuan tentang potensi komoditi lain sebagai sumber mata pencaharian.

Kepala Desa Rano, Alimuddin, merasa bersyukur atas bantuan benih nilam serta inovasi Keramba Jaring Apung (KJA) yang membantu petani dan nelayan danau untuk meningkatkan potensi komoditi unggulan di masa mendatang.