RAKYAT NEWS, JAKARTA – Kota Makassar kini menjadi wilayah dengan jumlah penyandang disabilitas terbesar di Sulawesi Selatan, mencapai 30.373 jiwa atau 12,286% dari total populasi (Bappelitbangda Sulsel, 2023).

Untuk itu, Setara Berdaya Group melalui Alunjiva Indonesia dan Berdaya Bareng berkolaborasi dengan Pelindo Regional 4 Makassar meluncurkan program MAJU BERSAMA.

Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kewirausahaan kepada UMKM Penyandang Disabilitas di Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa, Takalar), Sulawesi Selatan.

Program MAJU BERSAMA dirancang untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai digitalisasi usaha, pengaturan keuangan, dan strategi pemasaran.

Program ini juga berfokus pada peningkatan penjualan dan jangkauan pasar UMKM disabilitas melalui media digital, serta membuka peluang ekspansi pasar bagi mereka.

Selain itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kontribusi penyandang disabilitas dan memberdayakan 80% dari jumlah penerima manfaat melalui pengembangan kapasitas dan kapabilitas mereka.

Proses pendaftaran program ini terbuka bagi seluruh UMKM disabilitas di wilayah Mamminasata dan sekitarnya di Sulawesi Selatan, dengan target peserta sebanyak 20 pelaku usaha.

Seluruh peserta akan melalui proses kurasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan untuk memastikan mereka memiliki potensi untuk berkembang melalui program ini.

Pelatihan akan dilaksanakan di Makassar dari tanggal 07 – 09 Oktober 2024, di mana peserta akan mempelajari berbagai aspek penting dalam berwirausaha.

Setelah sesi pelatihan offline, peserta akan melanjutkan dengan pelatihan online selama dua bulan, yang mencakup berbagai topik seperti legalitas usaha, digital marketing, pemasaran dan branding, serta jaringan dan kemitraan.

Selain pelatihan, program ini juga menyediakan sesi konsultasi psikolog secara online untuk setiap grup peserta.

Sesi ini bertujuan untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan mental peserta, khususnya dalam menghadapi tantangan yang mungkin muncul dalam menjalankan usaha mereka.