RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Bos Lion Air sekaligus Wakil Ketua Umum PKB, Rusdi Kirana, secara resmi diangkat sebagai salah satu pimpinan MPR RI untuk periode 2024-2029 di Gedung MPR-DPR Senayan, Kamis (3/10/2024).

Sebelum terjun ke dunia politik, Rusdi Kirana dikenal sebagai salah satu pendiri Lion Air yang  menjabat sebagai Presiden Direktur maskapai itu hingga 2014.

Menurut informasi dari situs resmi Lion Air, Rusdi Kirana mendirikan Lion Air pada tahun 1999 dengan modal sebesar US$10 juta dan fokus pada konsep penerbangan berbiaya murah.

Keberhasilan ini tentu membuat Lion Air menjadi populer dan banyak dipilih oleh masyarakat, sehingga dalam enam tahun pertama, maskapai penerbangan tersebut telah memiliki 24 pesawat.

Pria 61 tahun tersebut kemudian mengundurkan diri dari jabatan pimpinan Lion Air, memilih untuk terjung ke dunia politik.

Pada tahun 2015, ia terpilih sebagai anggota Dewan Penasihat Presiden Jokowi sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kemudian, pada tahun 2017, Presiden Joko Widodo mengangkatnya menjadi duta besar Indonesia untuk Malaysia.

Sejak tahun 2019 hingga saat ini, Rusdi Kirana menjabat sebagai Presiden Komisaris Lion Air sebelum akhirnya terpilih sebagai salah satu pimpinan MPR RI.