RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PT Vale Indonesia (PT Vale) telah dianugerahi penghargaan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam acara Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2024 atau GMP Award 2024, Rabu (25/9/2024) malam.

Perusahaan ini berhasil meraih penghargaan tersebut berkat dedikasinya dalam menerapkan Good Mining Practices (GMP).

GMP Award adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada perusahaan tambang terbaik di Indonesia yang berhasil menerapkan praktik pertambangan berkelanjutan.

Pada acara di Hotel Bidakara, Jakarta, PT Vale Blok Sorowako meraih beberapa penghargaan, termasuk Penghargaan Utama Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara, Penghargaan Utama Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara, dan Penghargaan Aditama Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara.

Penghargaan tersebut diterima oleh Head of HSOR, Environment and Sustainability Operation PT Vale, Muhammad Adli Lubis sebagai bentuk apresiasi atas komitmen perusahaan terhadap pertambangan terintegrasi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Selain itu, Wakil Presiden Direktur & Chief Operation and Infrastructure Officer PT Vale Abu Ashar juga turut hadir dalam acara tersebut.

Abu Ashar menyatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi dari semua pihak yang terlibat, baik internal maupun eksternal perusahaan.

“Penghargaan ini adalah bentuk nyata dari kerja keras tim kami di PT Vale dan mitra-mitra kami, serta masyarakat yang mendukung operasional kami. Ini memotivasi kami untuk terus mengutamakan standar ESG sebagai inti dari setiap keputusan operasional yang kami ambil,” ujar Abu Ashar.

Dalam kesempatan itu, Ashar menekankan pentingnya pendekatan People, Profit, Planet (3P) dalam setiap aspek operasional PT Vale. Perusahaan berkomitmen untuk menjaga keseimbangan antara keuntungan, keselamatan, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat.