“Komitmen kami terhadap ESG bukanlah inisiatif sementara, tetapi merupakan nilai dasar yang telah tertanam dalam budaya perusahaan kami. Kami terus menantang diri sendiri untuk meningkatkan penerapan prinsip ESG dan memastikan bahwa seluruh aspek operasional kami mendukung tujuan keberlanjutan global,” tambahnya.

Menurut Dirjen Minerba ESDM, Tri Winarno, penghargaan ini memberikan apresiasi kepada perusahaan tambang yang telah berkomitmen pada penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik.

“Penghargaan ini adalah untuk memotivasi kepada seluruh insan pertambangan untuk terus-menerus menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik, serta memberikan contoh teladan dan bukti kepada masyarakat bahwa kegiatan operasional pertambangan dapat dikelola dengan mengutamakan keselamatan manusia, people, proteksi lingkungan hidup, planet, selain mencapai target keuntungan yaitu profit, serta memberikan dampak positif dan kontribusi bagi penerimaan negara pengembangan suatu wilayah dan pembangunan berkelanjutan,” ujar Tri Winarno.

Penerima penghargaan merupakan perusahaan tambang pemegang Kontrak Karya (KK), Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B), Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan perusahaan jasa pertambangan pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) yang telah berusaha menerapkan Good Mining Practice.

Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia, menyampaikan terima kasih kepada seluruh perusahaan tambang yang telah memberikan kontribusi pada penerimaan negara. Dia juga menekankan pentingnya pengelolaan pasca tambang oleh perusahaan pertambangan.

“Baik nikel, batu bara, dan mineral lain, tolong perhatikan kaidah-kaidah pertambangan. Itu saya minta tolong, lingkungan dijaga. Kalau sampai tidak mendekati lingkungan baik, saya sedang menyusun agar bagaimana teman-teman (pengusaha tambang) tertib. Saya tidak ingin dzalim sama teman-teman pengusaha, tapi teman-teman pengusaha tolong ikuti aturan lingkungan yang baik, supaya ada keberlangsungan,” kata Bahlil.

Penghargaan ini menegaskan posisi PT Vale sebagai pelopor pertambangan terintegrasi yang berkelanjutan di Indonesia yang tidak hanya mengejar keuntungan, melainkan juga sebagai wujud nyata dari komitmen perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar wilayah operasinya.