RAKYAT.NEWS, ARKANSAS – Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, didampingi oleh Pejabat Menteri Pertanian Arkansas, Wes Ward untuk berkeliling melihat pertanian modern di Arkansas, Amerika Serikat, Minggu (15/9/2024).

Sejumlah titik menjadi lokasi kunjungan, seperti Pusat Penelitian dan Pengembangan Padi Universitas Arkansas, dan Pusat Penelitian Padi Nasional di Stuttgart, Arkansas.

Arkansas memang dijuliki sebagai Rice and Duck Capital of the World atau Ibu Kota Padi dan Bebek Sedunia. Sebutan itu karena Arkansas memiliki setengah dari 2,5 Juta acres lahan sawah di Amerika.

Perjalanan mereka, kemudian berlanjut ke salah satu lahan pertanian yang dikelola secara keluarga, yakni LTD Farm.

LTD Farm merupakan lahan pertanian dengan luas 3500 acres atau setara 1416 Hektar, dan dikelola oleh 5 orang. Jumlah pengelola itu tergantung kebutuhan, jika sangat diperlukan, maka akan menambah 3 anggota untuk hasil kerja yang maksimal

Sebab itu, Amran optimis bahwa upaya cetak sawah dengan pengembangan pertanian modern dapat dilakukan tanpa perlu khawatir kekuarangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain mengenai man power, efektivitas dan produktivitas alat mesin pertanian modern pada farm tersebut juga menjadi bahasan yang dianggap perlu. Dengan sedikitnya jumlah SDM yang digunakan maka investasi besar-besaran dilakukan pada alsintan yang harga perunitnya miliaran rupiah.

Amran menginstruksikan kepada tenaga ahlinya agar data yang didapatkan betul-betul dihitung dan diamati secara seksama dan tidak terjadi salah kalkulasi dalam mengambil kebijakan.