RAKYAT.NEWS, NUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Hotel Swissotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (13/9/2024).

Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi menyambut baik telah selesainya pembangunan hotel yang rampung dalam waktu 9 bulan tersebut.

“Saya ingin memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pembangunan Swissotel Nusantara yang dikerjakan dalam waktu 9 bulan,” ujar Jokowi mengutip Kumparan.
Hotel tersebut digarap oleh konsorsium yang dikomandani oleh Sugianto Kusuma atau Aguan.
Jokowi awalnya meragukan bahwa pembangunan hotel bintang 5 dengan 191 kamar bisa selesai dalam 9 bulan. Namun, ternyata hal tersebut bisa diwujudkan.
“Memang yang dicari yang pertama adalah crowd harus ramai, sehingga terbangun ekosistem kota. Ada penduduk, ada warga, ada rumah sakit, ada sekolah, hotel, mal, tidak mudah, butuh waktu,” katanya.
Jokowi menyatakan bahwa tugas pemerintah selanjutnya adalah memperbanyak traffic di Bandara IKN. Jika bandara sudah beroperasi, maka IKN dipastikan akan menjadi ramai.
“Tapi kepercayaan yang kita bangun kelihatannya diambil betul kesempatan ini peluang yang ada oleh banyak investor terutama konsorsium yang dipimpin Bapak Aguan,” lanjutnya.