RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Perusahaan ritel yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group, Ace Hardware Tbk (ACE/ACES), akan menyelesaikan operasinya setelah 29 tahun berjualan di Indonesia.

Kawan Lama Group tidak akan memperbaharui lisensi dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd yang akan berakhir pada Desember 2024.

Perusahaan akan berubah nama menjadi PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) dengan kode emiten tetap ACES. Sedangkan merek baru sedang dalam persiapan.
Keputusan tersebut telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Sabtu (7/7/2024) lalu dan diumumkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (27/8) sebagai langkah strategis bisnis.
Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Gregory S. Widjaja, menyatakan keputusan ini sejalan dengan rencana pengembangan bisnis di masa depan untuk tetap memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah. Perusahaan akan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi pelanggan di Indonesia.
“Perusahaan kini tengah mempersiapkan peluncuran identitas merek baru yang mencerminkan komitmen perusahaan terhadap kualitas dan pelayanan terbaik, yang dijadwalkan akan diperkenalkan kepada seluruh pelanggan pada awal tahun 2025,” ujarnya dikutp dari dalam keterangan resmi, Selasa (3/9/2024).
Gregory optimis, jika keputusan ini akan menjaga posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar, menjaga daya saing di industri ritel, relevan dengan kebutuhan pelanggan, dan memberikan dampak positif kepada semua pihak terkait.
PT Aspirasi Hidup Indonesia mencatat kinerja keuangan yang baik pada paruh pertama tahun 2024 dengan peningkatan laba bersih 21 persen menjadi Rp 366 miliar dibanding periode sama tahun sebelumnya. Pendapatan bersih juga tumbuh 14 persen menjadi Rp 4,1 triliun. Selain itu, perusahaan meraih peningkatan SSSG sebesar 10,7 persen.
Di awal paruh kedua tahun 2024, perusahaan membuka 10 toko baru di enam wilayah baru seperti Banyuwangi, Garut, Banda Aceh, Tanjungpinang, Ternate, dan Palopo. Saat ini, ACES memiliki 241 toko yang tersebar di 73 kota dan juga hadir secara online melalui ruparupa.