RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Bank Indonesia (BI), Bank of Korea (BOK), dan Kementerian Keuangan Korea Selatan telah menyepakati kerangka kerja sama penggunaan mata uang lokal dalam transaksi keuangan dan ekonomi (Local Currency Transaction/ LCT), Kamis (29/8/2024).

Kesepakatan ini bertujuan untuk mendorong penggunaan mata uang lokal, yaitu rupiah dan won, dalam transaksi perdagangan antara kedua negara.

Hal ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Mei 2023 dan kesepakatan kerangka operasionalnya pada Juni 2024.

Bank Indonesia menyatakan bahwa implementasi kerangka LCT antara Indonesia dan Korea Selatan merupakan pencapaian penting dalam kerja sama keuangan bilateral di antara keduanya.

“Kerangka LCT akan memperkuat interkoneksi bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) dalam memfasilitasi transaksi berjalan antar negara dengan menggunakan mata uang lokal,” ungkap BI dalam pernyataan tertulisnya.

Melalui kerja sama ini, nilai tukar antara rupiah dan won Korea Selatan akan dikutip secara langsung (direct quotation), serta akan ada relaksasi ketentuan yang diperlukan untuk mendorong pemanfaatan LCT.

Dengan implementasi kerangka LCT ini, diharapkan akan terjadi peningkatan transaksi perdagangan bilateral, mengurangi risiko eksposur nilai tukar, dan meningkatkan efisiensi transaksi.

Untuk mendukung kerja sama ini, BI dan BOK telah menetapkan beberapa bank sebagai bank AACD yang akan memfasilitasi pelaksanaan LCT melalui pembukaan rekening mata uang negara mitra di masing-masing negara.

“Ke depan, implementasi kerangka LCT akan mendorong peningkatan transaksi perdagangan bilateral, mengurangi eksposur risiko nilai tukar, dan meningkatkan efisiensi transaksi,” tutup keterangan tertulis BI.

Berikut daftar Bank AACD Indonesia.
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank CIMB Niaga Tbk
PT Bank BTPN Tbk
PT Bank Maybank Indonesia Tbk
PT Bank OCBC NISP Tbk
PT Bank DBS Indonesia
PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk
PT Bank KEB Hana Indonesia
PT Bank Shinhan Indonesia
PT Bank IBK Indonesia Tbk
PT Bank KB Bukopin Tbk