JAKARTA – Menteri Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, memberikan apresiasi terhadap PT Pertamina yang telah sukses mendistribusikan bahan bakar Avtur ke berbagai bandara di Indonesia.

Sebagai negara Maritim, Indonesia tentunya menghadapi tantangan besar dalam hal distribusi bahan bakar seperti Avtur untuk mendukung transportasi udara.

“Jaringan distribusi yang luas, teknologi terkini dan komitmen kuat terhadap kualitas serta keberlanjutan, PT Pertamina siap menjadi pemain utama dalam industri energi nasional dan global,” kata Luhut dalam Bali International Airshow 2024 dilansir Kumparan, Senin (19/8/2024).

Luhut menyatakan bahwa Pertamina, melalui anak perusahaannya yaitu Pertamina Patra Niaga, tidak hanya fokus pada pelayanan Avtur di bandara besar, namun juga menyediakan layanan di 72 DPPU di seluruh Indonesia, termasuk bandara kecil yang mungkin tidak menguntungkan secara komersial.

Ia menambahkan, bahwa apa yang telah dilakukan oleh Pertamina ini belum tentu dapat ditiru atau dilakukan oleh Badan Usaha lain di Indonesia.

“Belum tentu Badan Usaha lain mau melakukan,” ucapnya.

Selain itu, Luhut menyebutkan bahwa penyediaan Avtur di Bandara Perintis sangat penting sebagai penghubung antar daerah di Indonesia yang merupakan Negara Maritim.

Luhut kemudian mengungkapkan, bahwa melalui komitmen ini, Pertamina tentunya akan terus memastikan kualitas Avtur yang disalurkan dan diproduksi di kilang dalam negeri tetap terjaga.

“Di sinilah peran Pertamina sangat kami apresiasi untuk ikut membangun perekonomian bangsa. Sehingga kemandirian produk Avtur dapat terus dijaga,” ujar Luhut.