RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sejumlah Unit Usaha Mikro Kecil Menenga (UMKM) yang mengisi perayaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) Makassar meraup keuntungan melebih target.

Aratea menjadi salah satu UMKM yang mendapat keuntungan hingga belasan juta rupiah sejak hari pertama hingga penutupan F8, Rabu-Minggu (24-28/7/2024). Usaha ini menjajakan minuman dengan aneka rasa yang menyegarkan dahaga pengunjung F8.

“Alhamdulillah sangat mencukupi, apalagi di hari pertama F8 Makassar itu sangat melebihi target,” kata Pemilik Aratea, Iqbal.

“Disewakannya ini sebesar Rp7 juta selama lima hari F8 Makassar, jadi kita sudah melebihi target sekitar Rp 20 juta lebih,” ungkapnya.

Namun, kata Iqbal, pendapatannya itu berbeda pada perayaan F8 2023 yang menurutnya kurang teratur dari segi keamanan hingga display tenant UMKM.

“Pendapatan di tahun ini dibandingkan tahun 2022 lalu itu sama banyaknya, tapi tahun 2023 kemarin ini sangat kurang,” terangnya.

“Perbedaannya tahun ini sangat bagus dari segi keamanan, lokasinya serta setiap zona sudah ada tenant jadi lebih teratur dari sebelumnya sangat amburadul karena penjual-penjual tidak resmi dari luar dia masuk menjual,” lanjutnya.

Iqbal mengharapkan agenda F8 masih dapat terlaksana tahun berikutnya, walaupun masa jabatan Mohammad Ramdhan Pomanto sebagai Wali Kota Makassar sudah berakhir karena acara tahunan ini telah memiliki Perseroan Terbatas (PT) sendiri.

“Sem0ga F8 Makassar ini terus berlanjut meskipun telah terganti Walikotanya, kan ini sudah berganti menjadi PT Festival Eight, jadi saya rasa tiap tahun bisa kembali diadakan ini kegiatan,” harapnya.

F8 Makassar 2024 merupakan yang ketiga kalinya bagi Aratea untuk terlibat dalam menyediakan Food & Beverage bagi para pengunjung sejak tahun 2022 lalu.