Menurutnya, tak banyak perusahaan tambang yang berkomitmen menjaga lingkungan dan melakukan hal yang sama seperti PT Vale.

 

RAKYAT.NEWS, Makassar – Komisaris PT Vale Indonesia Tbk Jasman Panjaitan menyebutkan, perusahaannya dapat menjadi role model bagi perusahaan tambang di Indonesia. Hal tersebut disampaikan saat berkunjung ke wilayah operasi PT Vale di Blok Sorowako, Luwu Timur, Rabu,18 Januari hingga Kamis 19 Januari 2023.

Jasman Panjaitan merupakan komisaris PT Vale Indonesia yang ditunjuk pada RUPS Desember 2022. Jasman Panjaitan melihat komitmen PT Vale yang mampu menjaga kebersihan dan keindahan Danau Matano selama 54 tahun beroperasi di Sorowako.

“PT Vale ini sangat luar biasa dengan komitmennya menjaga lingkungan selama puluhan tahun, dia tidak hanya menambang atau mengerok keuntungan kemudian meninggalkan, tetapi bertanggung jawab untuk mengembalikan seperti semula dengan melakukan reklamasi dan reboisasi. Makanya saya bisa katakan bahwa PT Vale adalah role model bagi perusahaan tambang lain,” kata Jasman dalam siaran pers yang diterima, Jumat, 20 Januari 2023.

Menurutnya, tak banyak perusahaan tambang yang berkomitmen menjaga lingkungan dan melakukan hal yang sama seperti PT Vale. Yaitu menjaga kebersihan air di sekitar operasi dan mengembalikan lingkungan seperti sebelum ditambang. “Selama dua hari ini saya keliling dan melihat langsung semua itu sangat luar biasa, saya harapkan tetap dipertahankan komitmennya,” harapnya.

CEO PT Vale Febriany Eddy mengatakan bahwa sejak awal, misi PT Vale tidak pernah berubah, yakni mengubah kekayaan sumber daya alam untuk membawa kemakmuran dan pembangunan berkelanjutan. Menurutnya, misi tersebut sesuai dengan Pasal 33 Ayat 3 UU 1945.

“Kinerja PT Vale diukur dari people, profit dan planet. Planet sangat penting, salah satunya Danau Matano yang tetap terjaga karena merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat Luwu Timur. Dan ketika Danau Matano tidak dijaga dengan baik dampaknya sangat luar biasa bagi masyarakat karena sumber air ada di Danau Matano,” kata Febriany Eddy.