MAKASSAR – Komitmen PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale), dalam beroperasi dengan senantiasa menerapkan Good Mining Practices (GMP) atau praktik pertambangan yang baik lebih dari 54 tahun  di area operasional kembali raih apresiasi dari pemerintah pusat. Kali ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) memberikan apresiasi PT Vale melalui penghargaan Good Mining Practices Award 2022. Bagi PT Vale penghargaan  kaidah teknik pertambangan yang baik untuk ketiga kalinya diperoleh.

Baca Juga : Prudential Syariah Komitmen Percepat Literasi Keuangan Syariah Indonesia

Penyerahan penghargaan atas komitmen terhadap Good Mining Practices di area operasional tambang dilakukan di Hotel Bidakara, pada Kamis (29/09/2022).

Pada perhelatan tersebut, PT Vale memboyong empat penghargaan GMP Award Kementerian ESDM. Penghargaan yang diraih PT Vale yakni: satu Trophy Pengelolaan Lingkungan dari Kelompok Badan Usaha Pertambangan Pemegang Kontrak Karya (KK),  dan tiga Penghargaan Aditama – Aspek Pengelolaan Teknik Pertambangan,  Penghargaan Aditama – Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan dan Penghargaan Aditama – Aspek Penerapan Konservasi Mineral dan Batubara.

Deretan penghargaan tersebut diserahkan oleh Staf Khusus bidang Tata Kelola Minerba Kementerian ESDM Irwandi Arif dan para Direktur di Dirjen Minerba.

Penghargaan Good Mining Practices ini melibatkan tiga tahapan penilaian yang diikuti oleh 19 badan usaha Kontrak Karya, 54 badan usaha PKP2B, 52 perusahaan IUP PMA, 1.443 perusahaan PMDN, 18 peruashaan IUPK BUMN, dan 174 perusahaan IUJP.

Aspek penilaian antara lain; teknis pertambangan minerba, pengelolaan keselamatan, pengelolaan lingkungan hidup, penerapan konservasi, dan pengelolaan jasa pertambangan minerba. 

Aditama emas diberikan kepada perusahaan yang memiliki nilai tertinggi pada masing-masing kategori. Kategori pemenang lainnya adalah Penghargaan Utama, dan Penghargaan Pratama.

Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik merupakan apresiasi oleh Pemerintah kepada pelaku kegiatan pertambangan mineral dan batubara yang berhasil menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik. 

Terdapat tiga kategori penghargaan Good Mining Practices Award 2022 dari Kementerian ESDM. Kategori tersebut yakni trofi utama untuk kategori penghargaan pengelolaan teknis pertambangan mineral dan batubara, trofi Aditama untuk kategori penghargaan pengelolaan lingkungan hidup pertambangan mineral dan batubara. Serta trofi utama untuk kategori penghargaan pengelolaan konservasi mineral dan batubara.