RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menghadirkan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebagai komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan juga memberikan manfaat bagi perekonomian, sosial, dan lingkungan.

“Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL merupakan salah satu program perusahaan yang wajib untuk dipenuhi dan dijalankan setiap tahun dan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama di area lingkungan kerja Perusahaan,” kata Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis.

Program ini berfokus pada tiga bidang: pendidikan, UMKM, serta Bina Lingkungan. “Yang kita lakukan pada kesempatan kali ini adalah bidang UMKM, yaitu memberikan pelatihan manajemen koperasi kepada pengurus koperasi nelayan di empat kelurahan di sekitar aktivitas bisnis perusahaan,” ucap Abdul.

TJSL juga dikenal sebagai Program Teman Nelayan yang menjadi inisiatif untuk pembinaan masyarakat pesisir sekitar area kerja Pelindo Group di Kota Makassar.

“Tujuannya adalah untuk mendukung kesejahteraan nelayan di sekitar Makassar New Port atau TPK New Makassar 2,” ujar Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam.

Salah satu program yang juga ditekankan adalah pembinaan koperasi yang keberadaannya mampu menyokong perekonomian nelayan.

“Inisiatif ini mencerminkan upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme nelayan serta mendukung perekonomian lokal di sekitar Makassar New Port,” kata Basri.

Pengembangan program secara berkelanjutan, diharapkan mampu memberikan dampak positif yang lebih besar bagi nelayan dan masyarakat.

Ketua Koperasi Nelayan Buloa, Rahman, menanggapi hal tersebut dan menilainya sebagai suatu hal yang bermanfaat. Dia berharap, belajar dengan pola pengedukasian seperti itu mampu meningkatkan kualitas nelayan dalam mengelola koperasi.

Rahman mengungkap, koperasi mereka berdiri atas dukungan Pelindo Group. “Dimulai dengan memfasilitasi dalam pembentukan koperasi di masing-masing kelurahan, sampai dengan penyediaan modal awal usaha untuk koperasi sehingga kami sangat merasa terbantu dari proses pembentukan hingga pelaksanaan saat ini,” ucapnya.