RAKYAT NEWS, JAKARTA – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral temukan harta karun Logam Tanah Jarang (LTJ) di Mamuju, Sulawesi Barat yang rencananya akan diusulkan untuk dilelang.

Asal tahu saja, Logam Tanah Jarang (LTJ) adalah komoditas strategis atau mineral kritis. LTJ memiliki banyak manfaat khususnya untuk industri elektronik, industri pertahanan, industri penerbangan hingga industri otomotif dan kesehatan.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid sebut, bahwa ada dua wilayah yang ditemukan mengandung potensi potensi LTJ tersebut yakni di wilayah Mamuju dan sekitarnya.

“Sudah usul (untuk dilelang) ke Pak Menteri (ESDM). Yang jelas kami Badan Geologi sudah usul tinggal follow up Ditjen Minerba,” beber Wafid saat ditemui di sela acara Forum Geologi Tata Lingkungan Nasional, di Gedung Bidakara Jakarta, dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (8/5/2024).

Menurutnya, pihaknya bekerja sama dengan institusi asal Korea Selatan yakni Korea Institute of Geoscience and Mineral Resources (KIGAM) untuk mencari potensi wilayah LTJ.

“Jadi kita bageol kerja sama dengan KIGAM jadi semacam Badan Geologi Korea khusus untuk critical mineral. Kemarin ada salah satu lokasi yang disetujui ada di Mamuju dan lokasi dekat-dekat situ sebenarnya ada lokasi lain tapi fokus sini dulu baru bisa pindah. Waktu itu baru mulai tahun ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wafid mengungkapkan saat ini pihaknya terus mengeksplorasi sebanyak 47 mineral kritis dan 22 mineral strategis di seluruh wilayah Indonesia.

“Ya terus (eksplorasi) sesuai rencana kita terus sebagaimana yang sampaikan tadi 47 mineral kritis dan 22 mineral strategis jadi fokus semua,” imbuh Wafid.

Dia juga mengatakan penting untuk mengeksplorasi mineral kritis dan mineral strategis di Indonesia lantaran komoditas tersebut banyak dibutuhkan untuk alat elektronik, alutsista, dan benda futuristik.