RAKYAT NEWS,  – Pernahkan Anda mendengar istilah microfinance? Jika belum pernah artikel ini akan membahasnya. Hadirnya microfinance menjadi angin segar karena bisa membantu masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Melalui microfinance ini, masyarakat bisa mendapatkan pinjaman modal untuk menjalankan usahanya.

Selain itu, juga bisa digunakan untuk menjalankan kehidupannya. Hal ini berarti hadirnya microfinance bisa membantu para pelaku usaha mengembangkan usahanya. Usaha yang semakin berkembang tentu akan meningkatkan perekonomian. Anda juga bisa memilih microfinance karena ini merupakan investasi yang aman.

Pengertian Microfinance

Microfinancing atau microfinance merupakan salah satu jenis investasi yang saat ini populer di Indonesia. Microfinance berasal dari dua kata yaitu “mikro” dan juga “finance”. Micro memiliki arti kecil, sementara finance berarti keuangan atau pembiayaan.

Singkatnya, microfinance adalah jenis investasi yang mengacu pada pendanaan atau pembiayaan bagi usaha kecil. Adapun skala usaha yang termasuk dalam target microfinance adalah masyarakat dengan penghasilan di bawah atau setara dengan 100 juta per tahun.

Kegiatan pendanaan atau pembiayaan dalam microfinance ini ada beberapa macam, seperti deposit, pemberian kredit, transfer uang dan sebagainya. Nominal kredit yang akan diberikan kepada pelaku usaha mulai dari 50 juta rupiah sampai 500 juta rupiah.

Besaran nominal yang diberikan akan ditentukan dari jenis usaha yang dijalankan dan kebutuhannya.  Usaha di desa dan kelurahan biasanya akan mendapatkan pinjaman kredit sebesar 50 juta rupiah. Sedangkan usaha yang ada di kota atau kabupaten mendapatkan pinjaman sebesar 500 juta rupiah.

Meskipun nominal pinjaman yang diberikan tidak terlalu besar tetapi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan peminjam. Jika pinjaman tersebut dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin usahanya berkembang dengan pesat.

Manfaat Investasi Microfinance

Menginvestasikan uang yang dimiliki dalam microfinance, tidak hanya akan memberikan banyak keuntungan. Tetapi Anda juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelas menengah ke bawah. Berikut beberapa manfaat yang akan Anda rasakan jika berinvestasi dalam microfinance:

1. Membantu Perkembangan Sektor Mikro Ekonomi

Investasi microfinance di negara berkembang seperti Indonesia sangat dibutuhkan. Alasannya karena keberadaannya bisa membantu perkembangan sektor mikro ekonomi. Microfinance membantu negara berkembang menjadi lebih berdaya dan juga mandiri.

2. Mendorong untuk Mandiri Secara Finansial

Manfaat selanjutnya yaitu mendorong orang-orang untuk mandiri secara finansial. Selain kitu, juga memberi orang-orang tersebut ketahanan finansial yang baik untuk menutupi biaya tak terduga yang besar. Mandiri secara finansial tentu sangat penting karena berdampak positif bagi kehidupan masyarakat.

3. Membantu Menyediakan Layanan Keuangan

Paling penting investasi microfinance bisa membantu menyediakan layanan keuangan di daerah atau lokasi terpencil. Hal ini akan memudahkan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut untuk mendapatkan layanan keuangan dengan baik.