RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Anggaran pendidikan masih yang terbesar dengan angka Rp665 triliun dalam belanja prioritas 2024 di akhir pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden dan kami terus melanjutkan hal ini, mengatasi masalah yang pada dasarnya penting bagi Indonesia, pendidikan masih merupakan belanja terbesar Rp 665 triliun,” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam acara Indonesia-Europe Investment Summit 2023, Kamis (30/11), dikutip dari detikFinance.

Dalam materi disajikan, belanja prioritas lainnya ialah perlindungan sosial. Pemerintah menganggarkan belanja perlindungan sosial pada tahun depan sebesar Rp 496,8 triliun.

Kemudian, belanja infrastruktur dianggarkan sebesar Rp 423,4 triliun. Sri Mulyani mengatakan, pembangunan infrastruktur penting dilakukan untuk mengejar ketertinggalan.

“Baik itu di bidang kelistrikan, jalan, pelabuhan, atau bahkan di rumah infrastruktur ICT merupakan salah satu reformasi yang sangat penting yang sedang berjalan, kami mendukungnya. Ibu kota baru yang sudah diputuskan secara politis perlu juga dibangun,” ujarnya.

Selanjutnya, belanja kesehatan dianggarkan Rp 187,5 triliun, ibu kota negara Nusantara Rp 40,6 triliun, ketahanan pangan Rp 114,3 triliun, dan keamanan dan pertahanan Rp 331,9 triliun.

“Jadi beberapa fundamental lainnya seperti ketahanan pangan, energi, keamanan dan hukum dan pertahanan,” ujarnya.